Anda yang Sakit Tenggorokan, Enam Jenis Minuman Ini Cocok untuk Mengatasinya

Saat merasakan sakit di tenggorokan, mengkonsumsi cairan yang tepat menjadi satu-satunya yang dibutuhkan. Dilansir Insider, Rabu (4/11), ada beberapa minuman yang bisa menjadi pilihan Anda saat mengalami kondisi ini, bahkan ada menfaat lebih lanjut, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh.

Air Lemon Madu Hangat

Minuman hangat pada dasarnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Karena itu, saat ditambahkan dengan lemon yang merupakan sumber vitamin C, serta madu yang dapat mengobati kondisi sakit tenggorokan serta batuk, pemulihan dapat berjalan cepat.

“Air panas itu sendiri menenangkan dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, batuk, dan pilek,” kata Amy Gorin, MS, RDN, ahli diet di New York, Amerika Serikat (AS).

Vitamin C dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu Anda mengatasi flu. Kemudian, madu dalam air lemon juga dapat mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan bahwa madu dapat membantu mempercepat pemulihan sakit tenggorokan karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya.

Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Faktanya, sebuah penelitian pada 2013 menunjukkan bahwa ekstrak air panas dari jahe segar dapat membantu melindungi Anda dari virus pernafasan syncytial, virus yang sangat menular yang umumnya menyerang anak-anak , meski penelitian pada manusia lebih lanjut masih diperlukan.

“Minum teh jahe bisa bermanfaat jika Anda sedang tidak enak badan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa itu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi hidung tersumbat, tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan,” jelas Gorin.

Teh Chamomile

Teh chamomile atau kamomil terbuat dari bunga Matricaria kering. Menurut Amber Robins, seorang dokter pengobatan keluarga dan ahli strategi pengobatan gaya hidup di Camillia Wellness di Maryland, teh chamomile dapat mengurangi peradangan di tenggorokan.

Selain itu, teh chamomile juga dapat membantu relaksasi dan membuat Anda tidur denna nyenyak di malam hari. Inilah yang kemudian meningkatkan sistem kekebalan dan membantu Anda pulih dari penyakit dengan lebih baik.

“Seperti halnya minuman hangat lainnya, ketidaknyamanan Anda dapat diredakan karena uap membantu dekongesti. Teh kamomil secara alami bebas kafein, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kamomil itu sendiri, dapat membantu meningkatkan tidur dan relaksasi di otak,” jelas Taylor Schoemaker, ahli diet dan pemilik Enlightened Nutrition LLC, praktek pelatihan nutrisi yang berbasis di Michigan.

Teh Peppermint

Teh peppermint adalah minuman hangat lain yang sering digunakan orang-orang untuk meredakan gejala sakit tenggorokan. Ini karena kandungan spearmint di dalamnya, yang memiliki efek antiinflamasi, di mana dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan.

Seperti halnya minuman panas lainnya, Robins mencatat bahwa menghirup uap dari teh peppermint dapat mengobati gejala lain seperti hidung tersumbat. Mirip dengan uap dari vaporizer atau lainnya, uap dari teh peppermint dapat membantu mengurangi hidung tersumbat.

“Ini memberi Anda perasaan bahwa Anda bisa bernapas lebih baik,” kata Robin.

Sup hangat

Meski bukan minuman, sup ayam adalah makanan yang memiliki banyak cairan dan menjadi pengobatan rumahan klasik untuk penyakit umum. Jenis makanan ini menawarkan banyak manfaat yang sama seperti teh panas atau air lemon hangat.

Faktanya, segala jenis sup hangat, terutama yang mengandung protein atau sayuran yang sehat bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan sakit tenggorokan dan mendapatkan beberapa nutrisi penting saat Anda merasa sakit.

“Sup berbahan dasar kaldu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit nutrisi saat Anda tidak ingin makan saat sakit. Saya akan memilih sup yang memiliki bahan tambahan, seperti dada ayam, tahu, kacang-kacangan, atau sayuran,” jelas Gorin.

Smoothie

Saat Anda sakit, Anda mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini dapat mempersulit mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit.

Itulah mengapa smoothie yang penuh nutrisi menjadi pilihan yang bagus, selama Anda menggunakan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, molekul yang dapat meningkatkan sistem kekebalan kita.

Sumber : Korankaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×